Cara Mudah Menghindari Gatal Setelah Mengonsumsi Nanas

Nanas merupakan buah yang mempunyai rasa unik dan segar. Buah dengan warna kuning cantik ini bisa didapatkan dengan mudah dan dibuat menjadi olahan. Nanas juga bisa dikonsumsi secara langsung untuk memberikan rasa segar. Akan tetapi ketika makan nanas, Anda perlu waspada agar tidak kebablasan dan mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Karena selain dapat membuat kenyang, apabila mengonsumsi nanas secara berlebihan dapat memberikan efek samping buruk lainnya yang bisa dirasakan yaitu membuat lidah terasa gatal. Oleh karena itulah pastikan untuk berhenti sebelum rasa gatal tersebut menyerang dan konsumsi nanas secukupnya. Atau beberapa cara lainnya untuk menghindari gatal setelah mengonsumsi nanas bisa dilakukan seperti di bawah ini.

Memilih Nanas yang Matang

Tips pertama agar tidak merasa gatal setelah mengonsumsi nanas adalah dengan memilih jenis buah nanas yang sudah matang. Apabila makan nanas memang lebih segar apabila memilih nanas muda, utamanya ketika cuaca panas. Akan tetapi nanas muda mempunyai kandungan bromolain yang lebih tinggi dibandingkan nanas yang sudah matang. Kandungan tersebut yang membuat iritasi dan rasa gatal yang dirasakan pada bibir bagian dalam. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, lebih baik memilih nanas yang sudah matang dengan kandungan bromelain yang lebih rendah.

Membuang Bagian Tengahnya

Rasa nanas memang enak dan juga segar, akan tetapi untuk mengupas buah ini sebenarnya cukup sulit dan membutuhkan teknik. Ketika mengupas nanas dan akan menyajikannya, akan lebih baik untuk membuang bonggol atau bagian tengah nanas tersebut sebelum memotongnya. Hal ini juga akan membuat Anda lebih aman dan terhindar dari rasa gatal yang bisa dirasakan setelah mengonsumsi nanas. Bonggol tersebut mempunyai kandungan bromelain yang paling tinggi dibandingkan buahnya. Sehingga untuk menghindari rasa gatal maka bisa memotong bagian tengah dan cukup mengonsumsi dagingnya saja.

Gunakan Garam dan Gula

Agar nanas tidak membuat gatal juga bisa untuk memberikan garam terlebih dahulu. Setelah dipotong dan sebelum disantap, Anda bisa membubuhkan garam halus ke bagian nanas dan diamkan beberapa saat. Garam tersebut dapat untuk mengeluarkan glukosa dan membuatnya manis. Pada proses ini juga akan membuat enzim bromelain tertutup sehingga mencegah gatal. Gula juga bisa dimanfaatkan dengan cara mengolah nanas dengan ditambahkan gula. Seperti dibuat jus yang akan membuatnya tetap manis dan tidak terasa gatal setelah memakannya.

Memanaskan Buah Nanas

Tips terakhir untuk menghindari rasa gatal setelah makan nanas adalah dengan memanaskan buah nanas terlebih dahulu. Anda bisa merebus atau memanggang nanas yang dapat menghilangkan enzim bromelain yang menyebabkan gatal. Ketika memanggang nanas juga akan membuat proses karamelisasi gula alami yang ada di dalam nanas. Sehingga hal tersebut akan membuat rasanya menjadi lebih manis dan khas.

Setelah mengetahui cara mudah untuk menghindari gatal setelah mengonsumsi nanas seperti di atas, maka Anda tidak perlu takut lagi untuk membeli buah yang satu ini. Karena untuk menghindari rasa gatal nanas cukup untuk menambahkan gula, garam, mengolah dengan cara dipanaskan, ataupun memilih buah nanas yang sudah matang dibandingkan buah yang mentah. Bagi penyuka nanas, tips tersebut tentunya sangat efektif sehingga bisa membeli nanas untuk dikonsumsi tanpa khawatir. Ketika membeli nanas, Anda bisa memilihnya di tempat yang tepat yaitu di TaniHub. Selain mudah melakukan pembelian secara online, TaniHub juga menawarkan keunggulan lain seperti harga terjangkau, pengiriman satu hari saja, dan jaminan mendapatkan buah segar.