Facebook Kena Hack, Ini Cara Basic Untuk Melindungi Akun Anda


Facebook baru saja membongkar jika pihaknya telah menjadi korban peretasan. Akibat hacker, 50 juta akun pengguna akhirnya terpapar.

Dengan adanya pengumuman tersebut, pengguna bisa langsung mengambil langkah-langkah tertentu untuk melindungi akun menjadi korban hack.

setidaknya ada empat langkah yang harus diperhatikan setelah peretasan 50 juta akun ini diumumkan. Berikut ini langkah-langkah tersebut:

1. Cari Tahu Apakah Akun Anda Terpengaruh

Jangan panik terlebih dulu. Ada baiknya Anda mencaritahu dulu apakah akun Anda termasuk dari 50 juta yang terpengaruh. Sayangnya, saat ini tidak ada cara yang benar-benar akurat 100 persen untuk mengetahuinya.

Saat logout Facebook, lalu menemukan Anda tiba-tiba keluar dari aplikasi dan browser sessions, bukanlah cara yang pasti untuk mengetahui hacker mengotak-atik akun Anda. Sebab, sebagai lankah pencegahan, Facebook menmales-logged out 40 juta akun lainnya.

2. Lakukan Logout Akun

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah keluar dari akun Facebook di mana saja (misalnya, browser, aplikasi di ponsel, dan iPad). Facebook sendiri sebenarnya telah mengeluarkan Anda dari akun. Tapi jika belum, Anda bisa melakukan sendiri.

Kenapa? Karena menurut perusahaan, hacker mencuri sesuatu yang disebut akses tokenm sehingga mereka tidak perlu memasukkan kembali password setiap kali menggunakan aplikasi. Facebook telah mereset token ini, tapi masih menyarankan penggunanya logout sebagai tindakan pencegahan.

Untuk melakukannya, pergi ke bagian ‘Security and Login’ dalam Settings. Di sana Anda akan menemukan opsi untuk logout semua session. Klik itu.

3. Password Anda dan 2FA

Yang terpenting, Facebook secara eksplisit mengatakan tidak perlu bagi Anda mengubah password. Mungkin perusahaan jejaring sosial ini benar, tapi sekali lagi penyelidikan hack belum selesai.

Meski tidak perlu mengubah password, Anda perlu memastikan kata sandi unik. Artinya, jika password Anda pernah dikompromi di Facebook, tidak ada akun non-Facebook yang akan rentan. Supaya lebih aman, aktifkan autentikasi dua faktor (2FA). Gunakan aplikasi autentator.

4. Hapus Akun Anda

Jika Anda ingin lebih aman, coba saja menghapus akun Anda. Dengan tidak memiliki akun, artinya Anda terbebas dari masalah hacker dan terhindar dari kejahatan siber.