Langkah Tepat dan Aman Perawatan Pada Roots Blower

Dalam perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih ini, seakan semakin memudahkan kita dalam berbagai urusan pekerjaan. Mulai dari pekerjaan rumah tangga, kantor, hingga perusahaan, pabrik atau industri.

Salah satu alat industri yang sering dipakai adalah sebuah alat pengedap udara yaitu roots blower. Roots blower adalah sebuah alat yang sering sekali dijumpai keberadaannya pada setiap industri.

Industri yang sering dan pasti menggunakan alat ini adalah sebuah industri press printing, industri budidaya ikan, sebuah laboratorium kesehatan, dan lain sebagainya. Tentu semua itu memakai jenis root blower yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Ada berbagai jenis root blower yang beredar di pasaran dengan fungsi dan spesifikasinya masing-masing. Namun, disamping fungsinya yang begitu banyak dalam keberlangsungan proses kerja kita, perawatannyapun juga perlu untuk diperhatikan.

Ada beberapa hal yang benar-benar harus dilakukan dengan baik demi menjaga kualitas dan sistem kerja dari roots blower agar tetap terjaga. Berikut bagian-bagian penting yang wajib diketahui.

1. Pemeriksaan pada mesin utama

Pemeriksaan pada mesin utama harus sering-sering dilakukan. Apalagi pada mesin yang penggunaannya sangat rutin disetiap harinya.

Yang harus diperhatikan dalam perawatan mesin utama ini adalah pada bagian olinya. Lakukan pengecekan secara berkala dan pastikan oli dalam keadaan baik dan cukup. Kualitas dari oli memberi pengaruh besar pada sistim kerja dari root blower itu sendiri.

Jadi jika oli sudah dalam keadaan kotor, maka segeralah lakukan penggantian secepatnya. Selain itu, memastikan kapasitas oli yang cukup juga perlu anda lakukan. Dengan oli yang cukup maka pelumasan pada mesin juga akan lebih baik.

2. Pemeriksaan V-belt

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah pemeriksaan pada v-beltnya. Karena dari kerusakannya yang dapat terjadi kapan saja, maka pemeriksaannyapun juga harus dilakukan secara berkala.

Ciri-ciri utama kerusakan pada v-belt adalah ditandai dengan bunyi memekik yang keras. Jika sudah ada tanda-tanda ini, maka segeralah lakukan penanganan pada v-belt. Tidak perlu menunggu lama untuk membenahinya. Karena jika kerusakan sudah parah, maka akan berpengaruh pada kualitas dan kinerja mesin lainnya.

3. Pemeriksaan Pulley

Sama halnya dengan v-belt, pemeriksaan pada pulley juga harus dilakukan secara berkala. Karena v-belt merupakan pasangan pulley, maka jika v-belt rusak maka tidak menutup kemungkinan akan merambah juga pada kerusakan pulley.

Pemeriksaan yang harus dilakukan pada pulley adalah dengan memastikan pulley tidak haus. Selain itu, kebersihan dari pulley juga harus selalu terjaga. Jika tidak begitu, maka debu dan kotoran lainn yang ada disekitarnya, akan berbepangurh pada kinerja pulley tersebut.

4. Pemeriksaan inlect slincer

Inlect slincer adalah jalan masuk dan keluarnya udara pada sebuah roots blower. Jadi tujuan dari pemeriksaan inlect slincer ini adalah untuk memastikan tidak ada kebocoran yang terjadi.

Jika sudah terjadi kerusakan berupa kebocoran pada inlect slincer ini, maka segeralah lakukan penggantian walau kebocoran sekecil apapun. Karena jika tidak, maka udara yang masuk serta keluar tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Beberapa hal di atas adalah perawatan yang wajib dilakukan pada sebuah root blower. Bagi anda yang memilikinya namun tidak mengerti cara perawatannya, maka dapat memanfaatkan tempat service root blower seperti aerzen blower dan  Pedro Gil yang tersebar luas di Indonesia.

Dengan menghubungi salah satu tempat di atas, maka semua permasalahan yang terjadi pada root blower anda akan segera teratasi dengan penanganan mereka yang sudah mumpuni dan profesional.