Tips Beli Rumah dengan Budget Minimalis!

Ada banyak orang memimpikan untuk beli rumah, tapi memiliki budget yang pas-pasan. Namun tidak perlu merasa sedih, ada banyak rumah dengan harga murah yang dijual bahkan di bawah 100 jutaan. Anda bisa menemukan rumah di area Depok dengan harga yang terjangkau. Bahkan jika sedang cari rumah harga 50 juta di Depok Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Beli Rumah Dengan Uang Pas-pasan

Keuangan yang pas-pasan bukan halangan untuk beli rumah. Anda tentu menerapkan beberapa hal berikut ini supaya tetap dapat rumah berkualitas dengan harga yang terjangkau.

1. Ketahui Lokasi Rumah

Mencari dengan budget yang terbatas tentu harus mengetahui lokasi yang tepat. Untuk mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau, maka kurang disarankan membeli rumah di pusat kota karena harganya akan cukup tinggi. Tapi untuk memastikannya maka bisa melakukan perbandingan untuk harga rumah lewat internet.

Mulai dari situs jual beli rumah sampai sosial media atau bisa juga dengan mencarinya pada jasa broker hingga majalah properti. Untuk mendapatkan rumah di lokasi yang strategis namun biayanya terjangkau, maka harus mencari rumah yang sedang melakukan peluncuran perumahan.

Tips seperti ini penting karena biasanya awal peluncuran untuk perumahan tertentu akan memberikan harga yang jauh lebih terjangkau. Bahkan memberikan biaya cicilan dengan diskon besar-besaran juga bisa Anda temukan.

2. Beli Rumah Lewat KPR

Budget yang tipis tapi ingin beli rumah bukan masalah, Anda bisa membelinya lewat KPR. KPR atau kredit pemilikan rumah akan menjadi solusi tepat untuk membantu Anda mendapatkan hunian sesuai dengan keinginan. Namun sebelumnya perlu memperhatikan dengan menghitung suku bunga lebih rinci dan juga hitung total uang muka yang akan Anda bayar.

Ada banyak pilihan KPR mulai dari KPR Konvensional hingga Syariah. Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka dari itu Anda bisa memilih KPR sesuai dengan kebutuhan. Sebelum memilih rumah KPR, berikan pula bahwa Anda memang sanggup untuk membayar cicilan rumah nantinya.

Saat memilih rumah KPR, penting pula untuk menentukan besarnya cicilan rumah. Usahakan untuk memilih cicilan yang besarnya tidak boleh lebih dari 30%. Alasannya tentu agar keuangan rumah tangga Anda bisa tetap aman terpenuhi. Ditakutkan jika cicilan KPR persentasenya terlalu tinggi, bisa mengakibatkan permasalahan keuangan di rumah tangga.

3. Ketahui Legalitas

Membeli rumah dengan biaya yang terjangkau maka pastikan juga bahwa rumah Anda punya legalitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Anda juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen dari rumah yang akan dibeli. Bahkan bila perlu dengan membawa sertifikat rumah tersebut, ke BPN atau gunakan jasa notaris untuk pengurusan dokumen rumah.

Jangan sepele terhadap legalitas rumah, jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Karena legalitas rumah sangat penting untuk memastikan kepemilikan rumah Anda tersebut memang kuat.

4. Beli Rumah Subsidi

Selain beli rumah KPR tentu saja Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah subsidi supaya harga rumahnya jauh lebih terjangkau. Tapi tetap perhatikan ketika memilih rumah subsidi, dari sisi kualitas dan lokasi rumah. Rumah subsidi adalah rumah dari proyek pemerintah untuk masyarakat yang punya penghasilan rendah.

Untuk harga rumah subsidi memang jauh lebih terjangkau, di daerah perkotaan seperti Jakarta ataupun daerah-daerah lainnya. Sementara untuk rumah subsidi, punya kualitas yang bisa dibilang tidak terlalu rendah juga. Karena Anda bisa menemukan rumah rumah subsidi yang punya lokasi strategis misalnya dekat dengan sekolah hingga jalan protokol sampai pusat perbelanjaan.

5. Lingkungan Perumahan

Anda juga harus kita perhatikan bagaimana lingkungan perumahan meski harganya murah. Mulai dari sisi keamanan rumah, sebaiknya pilih rumah di lokasi yang tidak rawan perampokan atau pencurian. Karena tentu sangat tidak nyaman berada di rumah tersebut jika banyak terjadi kasus kriminal.

Anda juga harus pilih rumah dengan lingkungan yang bersih dan asri. Hal ini tentu memperhatikan dari sisi kesehatan keluarga. Karena kesehatan keluarga juga tentu penting untuk membuat tinggal di tempat tersebut tetap nyaman dalam waktu lama. Perhatikan pula fasilitas publik yang tersedia, apakah dapat mempermudah kegiatan harian Anda atau tidak.

6. Sisihkan Pendapatan Untuk Membayar DP  Rumah

Beli rumah dengan biaya yang terbatas tentu juga harus mengubah pola hidup. Salah satunya dengan menabung atau paling tidak menyisihkan pendapatan Anda untuk membayar DP rumah. Apalagi jika Anda ingin membeli rumah tipe KPR, maka harus membayar DP terlebih dahulu.

DP rumah yang harus Anda bayarkan jika memilih KPR adalah sebesar 20% sampai 30% dari nilai jual rumah. Maka dari itu, jika berencana untuk beli rumah KPR dalam terdekat maka Anda bisa menyisihkan pendapatan sebanyak 30% untuk DP rumah.

Anda bisa mencoba untuk menabung di awal bulan secara konsisten untuk membayar DP, atau bisa juga melakukan sistem autodebet. Sistem autodebet ini memaksa Anda untuk punya 2 rekening sekaligus. Yang pertama adalah rekening gajian dan yang kedua adalah rekening tabungan. Jadi dengan sistem autodebet, uang yang Anda sisihkan akan langsung masuk ke rekening tabungan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa mendapatkan rumah meski dengan budget minimalis. Anda juga bisa memilih rumah sesuai dengan budget di situs terbaik yaitu Rumah.com. Anda bisa memanfaatkan fitur berdasarkan lokasi hingga harga rumah sesuai dengan keinginan, saat ingin mencari-cari rumah di website ini. Rumah.com menyediakan rumah baru dan juga rumah second yang bisa Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau.